Tips Dasyat Tembus FSRD ITB

Tips Dasyat Tembus FSRD ITB

Fakultas Senirupa dan Desain Institut Teknologi Bandung atau di singkat FSRD ITB adalah salah satu Fakultas Senirupa dan Desain Ternama di Indonesia.

FSRD ITB memiliki reputasi bergengsi, lulusannya keren, dan meraih peringkat dunia…nah pasti kalian yang ingin masuk FSRD ITB masih bingung gimana sih biar diterima kampus ini, yuk simak Tipsnya

Sebelum kita bahas tips – tips nya kita kenalan dulu Prodi apa saja yang ada di FSRD ITB

1. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.

2. Desain Interior

Desain Interior merupakan sebuah program studi yang berada pada Fakultas Seni Rupa dan Desain di ITB. Seperti halnya pada program studi lain yang terdapat pada FSRD, Desain Interior juga menekankan pada mahasiswa dan calon mahasiswanya untuk dapat berpikir cepat, kritis, akurat dan yang paling utama adalah kreatif. Di Program Studi Desain Interior teman-teman akan belajar tentang hubungan antara manusia dengan ruang yang dihuni atau digunakan.

3. Desain Produk

Desain produk merupakan program studi yang mempelajari pembuatan “produk” bagi kebutuhan manusia secara inovatif. Program studi ini memfasilitasi teman-teman untuk membuat produk-produk yang nyaman digunakan, indah dipandang, dan ekonomis.

Desain produk menyediakan beberapa pilihan keilmuan seperti Desain Produk Peralatan & Produk Konsumen, Desain Sarana/ Perkakas Lingkungan, Desain Alat Transportasi, Desain Digital dan Desain Kerajinan. Pilihan keilmuan tersebut akan sangat berhubungan dengan kehidupan manusia.

4. Kria

Kria atau bahasa kerennya craft, merupakan bagian dari desain sekaligus seni. Dapat dikatakan posisi Kria itu berada di tengah-tengah desain dan seni. Bila desain memfokuskan hasil garapannya dari segi teknis dan nilai fungsional, dan seni lebih mengutamakan karya seni bernilai dengan filosofis serta makna atau pesan yang ingin disampaikan seniman kepada pengamat. Nah, Kria adalah mendesain suatu produk fungsional dengan sangat mengutamakan nilai estetika, kualitas desain dan makna atau pesan filosofisnya. Dahulu, benda-benda yang disebut produk kria adalah benda yang bernilai estetis tinggi dan biasanya diagungkan, misalnya keris, kain ulos, kain batik, dll. Sekarang, produk Kria lebih tetap menyerap nilai dan unsur tradisional pada produk-produknya untuk melestarikan citra tradisi Indonesia.

5. Senirupa

Seni Rupa merupakan ilmu yang mempelajari tentang keindahan, yaitu secara teori dan prakteknya. Beberapa hal yang akan teman-teman pelajari pada program studi Seni Rupa misalnya melukis, mematung, menggrafis, membuat keramik sampai penerapan ilmu-ilmu seni, seperti sejarah dan perkembangan Seni Rupa saat ini.

Jalur masuk FSRD ITB

Untuk masuk ke FSRD ITB ada bebelajar Jalur Ujian antara lain :

1. Jalur SNMPTN

Jalur SNMPTN di sebut sebagai jalur udangan merupakan proses seleksi yang penilainnya menggunakan nilai rapot ( tanpa tes tulis ) atau dengan portofolio gambar berupa gambar narasi, gambar komposisi dan karya bebas untuk siswa yang memilih prodi Senirupa, desain, dan Kriya.

2. Jalur SBMPTN

Merupakan jalur seleksi menggunakan pola ujian tertulis secara nasional dan tahun 2019 siswa yang memilih prodi Senirupa, desain dan Kriya wajib menggungah hasil karya portofolio berupa gambar narasi, gambar komposisi dan karya bebas

3. Jalur Mandiri

Sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) yang secara mandiri oleh masing – masing perguruaan tinggi negeri ( PTN )

Apa yang harus kamu siapkan ?

1. Mulailah Cari Informasi Tentang FSRD ITB

Untuk memudahkan persiapan kamu sebelum mengikuti ujiannya, enaknya kamu cari informasi mengenai FSRD ITB. Coba kamu cari informasi lebih mendetail apa kelebihan dan kekurangan FSRD ITB, Jenis Ujian yang di ujikan, Jalur ujian masuknya dan lulusan Kampusnya.

2. “ Kepoin “ kaka kelas kamu yang sudah lolos ke FSRD ITB

Kamu bisa ngepoin kaka kelas kamu yang sudah masuk FSRD ITB, coba tanyain persiapan pembuatan portofolionya, persiapan ujian gambarnya dan bisa juga tanya – tanya kesan – kesan setelah di terima di FSRD ITB buat jadi motivasi kamu.

3. Asah skill dan pengetahuan kamu tentang menggambar

Walapun kamu sudah punya bakat alami dalam menggambar, masuk FSRD ITB ga semudah yang kamu bayangin, banyak lhooo yang punya gambar bagus tapi belum bisa masuk FSRD ITB. Lebih baik dari sekarang kamu berlatih ningkatin skill dan pengetahuan kamu tentang menggambar biar lebih matang.

4. Cari Contoh gambar yang berhasil masuk FSRD ITB

Coba kamu cari gambar – gambar yang berhasil masuk ke FSRD ITB dan coba pelajari gambar tersebut, coba juga kamu tiru dan modifikasi gambar tersebut buat latihan menggambar.

5. Cari Bimbingan Belajar gambar yang sudah berpengalaman

Nah ini yang penting guys, belajar gambar di rumah aja ngak cukup, kamu tetep harus ikut bimbel gambar buat nambah jam terbang kamu. Enaknya di bimbel kamu dengan mudah dapet informasi lebih detail tentang FSRD ITB, kamu juga akan dibimbing lebih fokus menggadapi ujian FSRD ITB dan hasil belajar kamu bisa dikoreksi langsung oleh ahlinya.

Saran dari admin sih kamu belajar di Bimbel Gambar Villa Merah yang sudah meloloskan ribuan siswa masuk PTN FSRD dan lebih dari ratusan siswa masuk FSRD ITB sejak 1968.

Sekian dulu tips dari admin, semoga membantu teman – teman bisa dengan mudah masuk ke FSRD ITB. Jangan lupa share ke teman kalian yang mau masuk FSRD ITB.

WhatsApp chat